Langsung ke konten utama

CERPEN : Searching For You

Hai guys, aku membuat cerpen nih ...

"Mungkinkah aku akan mendapatkan cinta dalam perjalananku, walau hanya berpegang pada sedikit memori yang kubawa"

Vivi masih teringat saat pertama dan terakhir kali lelaki itu tersenyum, bahkan ia tidak akan pernah lupa dengan sosok heroiknya kala membantunya waktu itu. Di sebuah rumah pertokoan ini ia berdiri, memorinya seolah berputar seperti sebuah film yang biasa ia tonton.

17 Agustus 2013

"Vi, bangun. Aduh tolong dong bantuin, ada yang pingsan nih," teriak Jeni teman satu kelas dan satu sekolah dengan Vivi. Gadis berambut sebahu tersebut begitu cemas melihat teman baiknya jatuh pingsan. Sepertinya ini gara-gara Vivi tidak sarapan tadi pagi, sebelum ia mengikuti upacara tingkat provinsi untuk 17 Agustus hari ini.
Beruntung upacaranya sudah selesai, Vivi bisa batal menjadi dirigen kalau ia sampai pingsan lebih dulu. Tak lama kemudian, seorang lelaki yang tadi bertugas menjadi petugas upacara menghampiri keduanya.
"Kenapa?" Lelaki itu bertanya sambil menatap Vivi yang masih berada di pangkuan Jeni.
"Pingsan Kak, tolongin dong." Jeni setengah memohon, gurat kecemasannya masih terlihat jelas di wajah mulusnya. Lelaki itu dengan cepat memindahkan tubuh Vivi ke dalam rangkulannya, membawanya ala bride style.
"Kita ke sana," seru lelaki itu, Jeni mengangguk patuh. Mereka berjalan menuju tenda kesehatan yang sudah lumayan sepi, lalu membaringkan tubuh Vivi di atas kasur busa yang sudah disiapkan di sana.
Entah kemana perginya petugas kesehatan saat ini, tidak ada yang berjaga satu orangpun. Atau mungkin mereka sedang beristirahat karena upacara sudah selesai setengah jam yang lalu.
"Tolong, kamu cari air putih atau teh hangat ya." Lelaki itu memberi perintah pada Jeni.
Sepeninggal Jeni, lelaki itu membuka kotak obat yang ada di dalam tenda. Ia meraih minyak angin lalu membalurinya di sekitar dahi dan leher, sesekali ia oleskan sedikit di hidungnya. Namun, masih belum ada reaksi apapun dari gadis itu.
Dengan ragu-ragu ia membimbing tangannya untuk meraih jemari lentik gadis itu. Digenggamnya perlahan, ia dapat merasakan dinginnya tangan itu. Lelaki itu pun mengelus lembut punggung tangan putih nan lembut milik gadis tersebut. Memerhatikan setiap inci wajah orientalnya, bulu mata lentiknya semakin menambah kecantikan saat matanya terpejam meski wajahnya polos tanpa make up. Lelaki tersebut terus tersenyum saat memandang gadis yang masih pingsan itu.  
"Kamu kelihatan gadis yang kuat, ayo bangun! Kasihan temanmu yang sangat begitu cemas." Lelaki itu masih setia menggenggam tangan Vivi.
Tak lama kemudian, Jeni kembali ke tenda kesehatan dengan membawa teh hangat di dalam cup. Lalu ia menaruhnya di atas meja kecil yang berisikan beberapa obat-obatan.
"Aku simpan di sini minumannya ya Kak," ujar Jeni masih menatap cemas ke arah teman baiknya.
"Oh iya. Makasih ya," sahut lelaki itu tersenyum manis.
"Loh aku yang harusnya makasih dong Kak. Kakak kan udah bantuin temanku," ungkap Jeni dengan tulus. Lalu ia duduk di samping Vivi, melihat temannya yang masih memejamkan mata.
"Apa temanmu punya riwayat sebuah penyakit serius?" 
"Vivi punya maag sih Kak, ditambah tadi pagi dia nggak sarapan karena buru-buru mau latihan," jawab Jeni prihatin.
"Dia yang tadi bertugas jadi dirigen kan?"
"Iya Kak, Vivi memang selalu ditunjuk jadi dirigen setiap upacara karena tangannya udah luwes banget Kak." Jeni terus bercerita sementara mata lelaki itu masih terus memerhatikan temannya. "Teman-teman kakak pada ke mana?"
"Tadi sih lagi pada istirahat mungkin sekalian makan siang," jawabnya.
"Kak, kalau kakak mau istirahat dan makan nggak apa-apa kok. Aku yang jagain Vivi, mungkin sebentar lagi dia bangun. Takutnya kakak masih punya urusan lain," seru Jeni terlihat cemas ke arah lelaki itu.
Jeni merasakan ada pergerakan pada tubuh Vivi, ia langsung beralih memandang temannya. Vivi membuka matanya perlahan, melihat ke sekeliling ruangan dan ke arah Jeni.
"Vi, lo udah sadar." Jeni berteriak senang lalu beralih menatap lelaki itu. "Kak, Vivi udah sadar." Jeni memberitahu, padahal jelas-jelas lelaki itu mengetahuinya. Ia tersenyum menatap Vivi yang masih mengerjap. Lelaki itu memberikan teh hangat pada Jeni, kemudian dengan hati-hati Jeni membatu Vivi untuk minum.
"Vin, lo di sini ternyata." Seorang lelaki yang mengenakan seragam yang sama dengan lelaki itu memanggil. "Ayo, anak-anak udah kumpul mau briefing di sekolah." Lelaki itu melanjutkan kalimatnya.
"Oh oke, ayo." Lalu lelaki itu mengikuti langkah temannya, sebelum itu ia tersenyum ke arah Vivi dan pamit pada Jeni.
"Makasih ya Kak," teriak Jeni saat lelaki itu hilang dari pandangannya, lalu ia kembali fokus membantu Vivi.

***

Sejak kejadian itu, Vivi mulai mencari tahu sosok lelaki yang sudah menolongnya pada waktu itu. Meski, ia tidak tahu siapa namanya karena Jeni juga lupa menanyakan hal tersebut. Namun, menurut informasi yang ia dapatkan selama ini. Lelaki itu sekolah di SMAN 84, Vivi punya tetangga yang sekolah di sana.
Tapi percuma saja ia menanyakan, toh Vivi tidak tahu nama dari lelaki itu. Hanya sebuah gantungan kunci yang ditinggalkan olehnya, sebagai petunjuk bagi Vivi. Di sana ada inisial huruf E dan A, entah itu nama pemilik gantungan kunci tersebut atau hanya sebuah huruf biasa.
Setiap tanggal 17 Agustus, Vivi selalu menyambangi lapangan tempat di mana ia upacara dan dirawat dulu. Berharap suatu hari lelaki itu tiba-tiba datang ke sana. Vivi hanya ingin berterima kasih padanya, rasanya ada yang kurang saat ia belum mengucapkan rasa syukurnya karena seseorang sudah memberikan bantuan kepada dirinya. Karena sejak kecil, Vivi dididik untuk tidak melupakan jasa seseorang yang sudah membantunya.
Tapi, kalau hanya ucapan terima kasih. Kenapa, otaknya masih merekam senyuman manis yang ditinggalkan oleh lelaki itu. Mengingatnya saja membuat perut Vivi menggelitik, seolah banyak kupu-kupu yang berterbangan di dalam sana.
Mungkinkah dirinya telah jatuh cinta pada sosok heroik itu, lelaki pelindungnya. Entah lelaki itu masih mengingatnya atau tidak, karena waktu sudah berjalan cukup lama. Lima tahun yang lalu. Hanya orang bodoh yang masih menunggu lelaki tanpa identitas tersebut.
"Vi, lo masih berharap ketemu sama kakak itu?" Jeni ikut duduk di atas ayunan, di samping Vivi. Keduanya tetap berteman hingga mereka sudah kuliah seperti sekarang ini.
Vivi tersenyum samar, seolah pertanyaan Jeni adalah hal yang harus di akuinya. Memorinya kembali berputar pada satu moment, saat ia merasakan tangan hangat yang menggenggamnya dulu. Sebenarnya ia sudah setengah sadar waktu itu, namun matanya masih enggan terbuka seolah ada lem yang menempel di sana.
"Besok tanggal 17 Agustus, lo mau ke sana lagi? Gue dengar-dengar lapangan itu udah nggak dipakai buat upacara lagi Vi. Lapangannya udah dibangun sesuatu, soalnya lapangan itu bukan punya pemda." Jeni menjelaskan sesekali mencomot keripik kentang miliknya.
Vivi hanya diam tidak menanggapi, namun ia sangat meresapi setiap ucapan teman baiknya itu. Di dalam hatinya seperti ada sesuatu yang terus mendorongnya agar tetap datang ke tempat kenangannya tersebut.

***

Bersemi di padang rumput yang sunyi
Aku mengawasimu lewat angin malam
Lewat derasnya hujan
Hatiku sedang mencari seseorang
Sejak lama aku menanti keberadaanmu
Menunggu dalam diamku
Akahkah kita bertemu?
Wahai sang pelindungku

"Ternyata kamu nggak banyak berubah." Suara seseorang memenuhi gendang telinganya. Saat ia sedang berdiri menatap lapangan yang sudah hampir berubah menjadi sebuah bangunan rumah pertokoan.
Vivi menengok ke arah sumber suara di belakangnya, seorang lelaki berpakaian kasual. Celana jeans dan sweater navy blue, membuatnya semakin terlihat eye catching. 
"Lama kita nggak ketemu, Vivi Andrea." Lelaki itu menyapa. Kenapa ia bisa tahu nama dirinya, dan siapa sebenarnya lelaki tersebut. "Ternyata selera potongan rambutmu nggak berubah." Lelaki itu mendekat ke arahnya, memiringkan sedikit kepalanya untuk melihat wajah Vivi secara jelas.
Vivi merasa gugup ditatap seintens itu olehnya. Akhirnya ia memutuskan untuk menghindari lelaki itu. Vivi berjalan ke arah motornya dan berniat untuk meninggalkan tempat tersebut.
"Kamu masih sering pingsan?" Pertanyaan lelaki itu menghentikan jemarinya saat menyalakan mesin motor. Ia menengok kembali ke arah lelaki itu. "Remember me?" Alisnya dinaik turunkan seolah melempar kode agar Vivi segera menjawab pertanyaannya.
"Kamu," ucap Vivi seraya berpikir. "Apa kamu cowok itu?" Lelaki itu tersenyum manis.
Ah senyum itu. Bagaimana Vivi bisa melupakan senyuman itu. Lesung pipi di sebelah kirinya membuat tanda tersendiri bagi Vivi untuk mengingatnya. Ya benar, lelaki itu adalah pelindungnya. Sosok heroik yang selama ini ia nanti dan ingin ditemuinya. 
Senyum Vivi mengembang, membuat matanya terlihat segaris. Lelaki itu ikut tersenyum, karena baru kali ini ia menyaksikan Vivi tersenyum dari jarak yang sangat dekat.
"Kenapa kamu baru muncul sekarang?" Ucapan pertama yang keluar dari mulut gadis itu. "Aku selalu nunggu kamu di sini." Vivi mengungkapkan dengan jujur tanpa keraguan di wajahnya sedikitpun.
"Aku tahu," jawabnya. Lelaki itu kembali tersenyum. Vivi bingung maksud dari jawabannya. "Iya, aku juga selalu datang ke tempat ini, setiap tanggal 17 Agustus untuk melihat kamu." Vivi semakin bingung dengan penuturannya.
"Maksud kamu?"
"Namaku Ervin Aditya," ungkapnya sambil mengulurkan tangan kepada gadis itu. Meski bingung Vivi tetap menyambut jemari hangat tersebut. "Maaf, karena udah membuat kamu menunggu selama ini. Aku nggak bermaksud mengerjai kamu atau main petak umpat. Aku hanya ingin tahu, apakah kamu serius ingin bertemu denganku."
"Jadi selama ini kamu tahu tentangku?" Ervin mengangguk cepat.
"Sejak hari itu. Aku mencari tahu tentang kamu, Vi. Dan semenjak aku menolong kamu pada waktu itu. Kamu udah aku tandai."
"Tandai?" Lelaki itu mengangguk lagi.
"Aku menandai kamu untuk aku jaga. Aku ingin memastikan kamu nggak akan pingsan seperti waktu itu lagi. Meski dari kejauhan, tapi aku terus memerhatikan kamu."
Vivi mencoba mencerna setiap ucapan yang Ervin lontarkan padanya, masalahnya semua ini sulit untuk ia pahami dengan cepat.
"Alasan kamu apa, melakukan semua itu?"
"Alasanku adalah ... karena aku menyukai kamu." Senyum Vivi merekah, menatap Ervin yang mulai menggenggam kedua tangannya dengan sangat lembut.

Tak ada yang lebih indah
Selain dua hati sudah bertemu
Karena saling dipertemukan
Keduanya berhenti, sebab telah selesai mencari

***

Gomawo

Suliz ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snack Sehat Mengenyangkan

Mau menikmati snack yang sehat dan mengenyangkan? Yuk, aku kasih tahu infonya!   Sumber:  Heavenlyblush.glitzmedia.co.id Dewasa ini, banyak sekali beredar macam-macam snack baik yang ada di mal maupun street snack. Namun tahukah kamu,  snack yang kamu konsumsi itu dapat menyehatkan tubuhmu atau justru membuatmu sakit. Kita tentu tidak ingin sakit hanya karena salah mengkonsumsi snack, bukan? padahal kita sudah makan dengan teratur dan banyak mengkonsumsi makanan yang sehat. Kalau sudah begitu, apa usaha kita terkesan sia-sia? Maka dari itu, saatnya lebih smart memilih snack yang sehat dan bernutrisi bagi tubuh. Aku punya info seputar snack yang menyehatkan dan tentu saja nutrisinya baik untuk tubuh. Snack -nya adalah Greek Yogurt dari Heavenly Blush . Produk Heavenly Blush ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, karena rasa yogurt -nya tidak seperti produk lain yang terlalu asam. Aku selalu suka produk-produk dari  Heavenly Blush. Heav

Review Buku: Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta

Hai Assalamualaikum, kembali lagi bersama aku, si akun bebekmaniz :) Pada kesempatan kali ini, aku ingin me- review  karya Bang Alvi Syahrin. Ada yang sudah pernah dengar namanya? Sering? Atau malah baru pertama kali mendengar? Bagi kamu yang menggunakan platform Twitter dan Wattpad mungkin kenal dengannya, karena pemuda kelahiran 1992 itu sering menulis di sana sejak tahun 2016. Mari kita mulai  review si buku ber- cover  hitam ini. Kategori buku ini ialah  self help  atau pengembangan diri. Buku ini sebagian besar menceritakan tentang kegalauan kaum remaja, dewasa muda, maupun dewasa khususnya yang masih menanti pasangan hidup mereka. Meski cover -nya terlihat biasa saja, tapi design bagian dalam bukunya sangat cantik loh, membuat mataku nggak bosan saat membuka tiap lembarnya. Aku salut dengan penulis, karena cukup peka dan mampu melihat apa yang terjadi di lingkungan kita, terutama pada media sosial saat ini. Dimana banyak sekali asumsi tentang kemesr

Gowes Bukan Sekadar Hobi

SAAT mendengar kata gowes, apa yang ada di benakmu? Heum, sudah pasti sepeda bukan? Bersepeda merupakan kegiatan yang tengah diminati seluruh masyarakat Indonesia bahkan di dunia. Saat ini, sepeda bukan sekadar hobi semata, tapi banyak orang yang mengartikan bersepeda sebagai lifestyle dan olahraga. Pertama kali sepeda diperkenalkan di Eropa sekitar akhir abad ke-19, setelah itu mulai menyebar hingga ke Amerika Serikat dan kini hampir ke seluruh dunia. Sepeda tergolong ke dalam kategori olahraga yang murah, karena hanya bermodalkan punya sepeda dan niat. Kendati demikian, bersepeda dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi otot-otot di tubuh. Bersepeda juga merupakan salah satu bentuk kampanye bebas polusi terutama di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Ke mana pun kamu pergi, di sekeliling kamu sudah semakin banyak orang yang naik sepeda berkeliling kota. Entah itu untuk alasan olahraga di Car Free Day, pergi ke minimarket , pergi ke stasiun atau sengaja bersepeda sa